Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Workshop Integrasi Sistem Layanan Unit Pelayanan Alumni dan Karier UGM

Posted by Administrator
Posted on
23
Dec
2016

Menjalin hubungan baik dengan alumni dapat memberikan manfaat yang baik pula bagi universitas. Selain kontribusinya dalam bentuk materi seperti adanya beasiswa alumni bagi mahasiswa, kontribusi alumni dalam bentuk gagasan juga dibutuhkan universitas untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran. Beberapa universitas di dunia bahkan menempatkan alumni sebagai ambassador untuk memperkenalkan universitasnya ke tingkat global.

Melihat beberapa manfaat tadi, maka penting bagi UGM untuk dapat memaksimalkan potensi alumni UGM dalam bentuk sistem layanan yang sudah terintegrasi dengan baik. Hal tersebut diungkapkan Dr. Danang Sri Hadmoko, Sekretaris Direktorat Kemitraan Alumni, dan Urusan Internasional, dalam sambutannya membuka kegiatan Workshop Integrasi Sistem Layanan Unit Pelayanan Alumni dan Karier UGM pada Kamis (1/12) lalu di Ruang Yustisia UC UGM.

“UGM memiliki potensi alumni yang besar sehingga universitas harus dapat mengoptimalkan potensi tersebut melalui bentuk pelayanan alumni yang sudah terintegrasi dengan baik dengan memanfaatkan kemajuan TI. Selain sebagai media komunikasi antar alumni dan univeritas, diharapakan pelayanan ini juga dapat mengakomodasi alumni yang ingin berkontribusi bagi almamaternya,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Haryanta, S.Psi., Psi., M.A, yang mengatakan pentingnya membangun sistem organisasi yang terstruktur dan terintegrasi baik ditingkat universitas maupun fakultas dalam pengelolaan alumni. Menurutnya jaringan alumni UGM sudah sangat kuat namun masih bersifat personal dan individual. “Alumni UGM itu kuat namun masih personal dan belum terorganisir secara baik sehingga diperlukan sebuah sistem dan leader yang dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki alumni bagi universitas,” ujarnya saat didaulat mengisi materi dengan tema Menjadi Pemimpin Perubahan Organisasi.

Dalam kesempatan lain, turut hadir Dr. Sulistyowati, Kasubdit Hubungan Alumni UGM, yang memaparkan hasil kinerja dan program yang sudah dilaksanakan Subdit Alumni UGM. Ia mengharapkan di tahun 2017 mendatang semakin tercipta hubungan sinergis antara Unit Pelayanan Alumni dan Karier di tingkat universitas dan tingkat fakultas. Beberapa program  diantaranya Tracer Study 2017, Alumni Award, Integrated Career Days dan lainnya membutuhkan integrasi dengan UPAK di tingkat fakultas seperti dalam basis dan validasi data. “Harapan kami kedepan sinergisitas antara UPAK di tingkat universitas dan fakultas berjalan baik agar segala program yang direncanakan dapat berjalan dengan optimal,” ungkapnya.

Di sesi akhir kegiatan workhshop, turut hadir pula Wisnu Saputro, S.T. dari DSSDI UGM untuk menjelaskan teknis terkait aplikasi Simponi dan Sahabat UGM dihadapan tamu undangan yang merupakan perwakilan UPAK seluruh fakultas di UGM. [Eggy]