Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Menjadi Garda Terdepan Menjaga Kebinekaan

Posted by Administrator
Posted on
20
Dec
2016

Isu kebinekaan belakangan mencuat menjadi persoalan serius di negeri ini. Bangsa Indonesia seolah sedang mengalami ujian berat dalam menjaga kemajemukan yang menjadi landasan persatuan berdirinya bangsa. Melihat dinamika tersebut, KAGAMA (Keluarga Alumni Gadjah Mada) memandang penting untuk membangun dan terus mempererat persatuan antar anak bangsa. Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo dalam sambutannya saat membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KAGAMA tahun 2016 di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Sabtu (17/12) pagi.

“Melihat situasi bangsa kita akhir-akhir ini, KAGAMA memandang penting untuk kita kembali membangun dan terus memperkuat kohesi sosial, mempererat solidaritas antar-anak bangsa, menjaga persatuan dan juga menghargai kebinekaan,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) KAGAMA periode 2014-2019 ini.

Menurutnya, UGM telah lama memberikan contoh kepada bangsa bahwa perbedaan justru merupakan penguat persatuan dan penunjang kemajuan bangsa. Dibuktikan dengan prestasi mendunia mahasiswa UGM yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. UGM pun pernah dipimpin oleh rektor yang berasal dari pulau, suku dan agama yang berbeda. 

“Saya mengajak kita semua untuk terus menghimbau seluruh elemen bangsa untuk menjaga keadaban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Agenda Rakernas KAGAMA tahun ini diisi oleh laporan pertanggungjawaban dan program kerja tahun 2016 oleh PP Kagama. Laporan dipimpin langsung oleh Ketua Umum PP KAGAMA Ganjar Pranowo. Selain itu, Ganjar juga melantik secara resmi pengurus Pengcab KAGAMA Cirebon dan Belitong serta pengurus Keluarga Alumni Sekolah Vokasi (KAVOGAMA). Turut hadir pula dalam Rakernas ini, Rektor UGM Prof. Dwikorita Karnawati serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai Ketua Harian PP KAGAMA.

Dihadapan 134 peserta dari berbagai Pengurus Daerah (Pengda), Pengurus Cabang (Pengcab) dan komunitas alumni yang hadir, Ganjar berharap Rakernas ini dapat menjadi sarana memperkuat jalinan silaturahmi antara alumni Gadjah Mada. “Semoga Rapat Kerja Nasional ini makin memperkuat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada, memperkuat Universitas Gadjah Mada, kampus yang cintanya dan cinta kita terhadapnya tak terhingga!” ungkapnya. [Eggy]