Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Rekrutmen Programmer untuk Pengembangan e-Government

Posted by Administrator
Posted on
05
Jan
2017


Di era dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, programmer lulusan program komputer dan teknik informatika sudah seperti “intan” yang banyak diburu. Selain tawaran dari perusahaan startup digital yang menjamur, pemerintah juga saat ini sedang membutuhkan banyak ahli IT untuk pengembangan aplikasi sistem pelayanan masyarakat berbasis online. Di antaranya ialah Pemerintah Daerah (Pemda) Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan yang saat ini membuka kesempatan rekrutmen tenaga kontrak kepada lulusan UGM untuk bekerja di lingkungan Pemda setempat dalam upaya pengembangan aplikasi e-Government. Hal tersebut disampaikan Staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Hulu Sungai Tengah, Irfan Sunarko, S.T., M.Si., dalam kunjungannya ke Universitas Gadjah Mada pada Rabu (21/12) pagi.

“Kabupaten Hulu Sungai Tengah saat ini sedang menggalakkan e-Government, sehingga membutuhkan tenaga profesional di bidang IT untuk dapat mengembangkan sistem aplikasi yang berbasis online,” ungkapnya.

Rekrutmen tersebut ditujukan untuk mendorong peningkatan kualitas pemerintah daerah dalam melayani masyarakat. Hal ini dikarenakan tenaga profesional di bidang IT di Hulu Sungai Tengah masih dirasa kurang. Sehingga memerlukan tenaga ahli lulusan UGM untuk dapat mengembangkan sistem tersebut, tak terkecuali bagi fresh graduate.

Kehadiran Pemda Hulu Sungai Tengah yang diwakili oleh dua staf BAPPEDA-nya ini disambut baik oleh UGM di Ruang Sidang Dewan Guru Besar. Mewakili universitas, Kasubdit Hubungan Alumni UGM, Dr. Sulistyowati mengatakan bahwa UGM sangat mengapresiasi kehadiran mereka di kampus ini. Menurutnya UGM yang menegaskan diri sebagai “University of the Villages” mendukung penuh program-program peningkatan mutu pelayanan masyarakat dan pengembangan SDM di daerah.

“UGM sangat menyambut baik dan siap untuk membantu program-program pengembangan daerah. Tak lain karena UGM sebagai kampus kerakyatan dan pengabdian yang mempunyai semangat dalam mendukung kemajuan di daerah,” ujarnya.

Tambah Sulistyowati, UGM juga terbuka untuk bekerja sama dengan Pemda Hulu Sungai Tengah di bidang yang lain. Di antara kerja sama yang dapat dilakukan ialah beasiswa kemitraan untuk putra daerah, pelatihan pegawai pemerintahan dan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah tersebut. Ini sesuai dengan semangat Tri dharma Perguruan Tinggi yang dimiliki UGM yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“UGM juga sudah banyak bekerja sama dengan daerah-daerah di Indonesia diantaranya dalam beasiswa ikatan dinas untuk putra daerah dan pelaksanaan KKN tematik,” ungkapnya. [Eggy]