Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Sekilas tentang KAGAMA

Sejarah KAGAMA

Gagasan membentuk organisasi persatuan para alumnus UGM timbul tahun 1956. Pada tahun ini mulai terselenggara berbagai pertemuan yang dilakukan alumni dari berbagai fakultas.

Dalam peringatan Dies Natalis UGM tahun 1958 Ir. Suwarno (alm.) didesak Panitia Dies Natalis Dewan Mahasiswa UGM untuk mengambil inisiatif pertama menyelenggarakan musyawarah para alumnus UGM pertama dari berbagai kota tanggal 18 Desember 1958 di Yogyakarta. Dari musyawarah ini lahirlah organisasi "Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada" disingkat KAGAMA.

Pada Musyawarah I KAGAMA Prof.Ir. Herman Johannes ditunjuk sebagai Ketua dengan Sekretaris Ir. Suwarno. Ciri-ciri KAGAMA juga berhasil dicetuskan dalam musyawarah itu, yaitu :

  • KAGAMA adalah organisasi kekeluargaan bukan organisasi politik.
  • KAGAMA berdiri di luar UGM, tetapi menjalin hubungan yang erat dengan UGM.
  • Keanggotaan KAGAMA diperoleh secara pasif, yaitu seorang alumnus UGM otomatis menjadi anggota KAGAMA.
  • Yang dimaksud UGM dalam hubungannya dengan KAGAMA, bukan saja UGM yang diresmikan pemerintah RI tanggal 19 Desember 1949 tetapi juga perguruan-perguruan tinggi yang lebih dulu ada sebagai embrio-embrionya yaitu:

Sekolah Teknik Tinggi berdiri tanggal 12 Februari 1946.

Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (swasta) berdiri tanggal 3 Maret 1946, dengan Fakultas Hukum dan Kesusastraan.

Perguruan Tinggi Klaten, berdiri tanggal 5 Maret dan 27 September 1946, meliputi sekolah Sekolah Tinggi Kedokteran, Farmasi dan Pertanian. Pendirian Fakultas-fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Pertanian dan Kedokteran Hewan berdiri tanggal 1 Nopember 1949.

Pendirian Fakultas-fakultas Teknik, Akademi Ilmu Politik oleh Yayasan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada.

  • Yang disebut sebagai alumnus UGM (anggota KAGAMA) adalah seseorang yang memiliki ijasah dari UGM, mulai dari propaedeuse sampai yang tertinggi, yaitu gelar Doktor dan Doktor Honoris Causa.


VISI

Optimalisasi peran jaringan alumni dan almamater dalam rangka penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, untuk mensejahterakan rakyat dan memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

MISI

  1. Memperkokoh hubungan jaringan alumni di seluruh wilayah Indonesia & Luar Negeri;
  2. Meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan kemampuan profesional alumni & almamater;
  3. Memfasilitasi alumni mengamalkan dan mengembangkan kemampuan profesionalnya di berbagai sektor;
  4. Meningkatkan citra jati diri Kagama.

Selengkapnya tentang KAGAMA dapat dibaca di http://kagama.ugm.ac.id