Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

​Meningkatkan Personal Branding Melalui Akun Media Sosial

Posted on 20/10/2016 by Administrator
Post on
20
Oct
2016

Akun media sosial rasanya bukan menjadi hal baru lagi. Apa yang ada dalam sebuah akun media sosial merupakan suatu gambaran visual pada dunia maya mengenai diri dan kehidupan anda. Maka dari itulah, penting untuk mengatur media sosial agar terlihat profesional dan menunjukkan personal branding yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan personal branding melalui akun media sosial.

PROFIL

Untuk profil, mulailah dengan menggunakan nama asli agar akun anda mudah ditemukan oleh orang lain. Jangan lupa untuk menggunakan foto profil yang profesional yaitu dengan menunjukkan bidang kerja dan minat anda. Di samping itu, munculkanlah ringkasan menarik tentang diri anda untuk menarik perhatian orang lain agar melihat profil anda lebih jauh.

POSTING

  • Siapkan waktu khusus untuk bermedia sosial

Tentukanlah kapan anda akan aktif bermedia sosial untuk menunjukkan waktu responsif anda dalam menanggapi komentar atau pesan yang akan anda terima.

  • Fokus pada bidang dan minat

Memposting sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan dan pencapaian anda akan meningkatkan profesionalitas akun anda. Akan tetapi, jangan terlalu kaku. Tunjukkanlah sisi lain anda dengan sesekali memposting sesuatu yang menginspirasi maupun menghibur.

  • Percantik Feed

Percantik dan seragamkan feed anda untuk menunjukkan kesan terorganisir. Jangan lupa tambahkan foto yang menarik pada artikel panjang untuk menarik banyak orang melihatnya.

  • Share dari sumber terpercaya.

Bagikan sesuatu yang berhubungan dengan ketertarikan anda. Jangan takut pula untuk membagikan sesuatu yang sedang menjadi perbincangan hangat dengan sedikit menambahkan pendapat anda.

JEJARING

Membangun jaringan dalam media sosial tidak kalah pentingnya untuk meningkatkan personal branding. Selain untuk menunjukkan siapa orang yang berpengaruh dalam bidang kerja dan minat anda, jejaring ini dapat menunjukkan siapa saja yang ada dalam lingkaran pertemanan anda.

Filter siapa saja yang dapat menjadi teman anda dengan cara melihat dahulu profil media sosial akun yang menambahkan anda sebagai teman. Selain berguna untuk professional branding, hal ini juga akan menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan seperti spamming dan hacking. [Eva]