Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

​Pertimbangan dalam Mengambil Pendidikan Pascasarjana

Posted on 09/11/2016 by Administrator
Post on
09
Nov
2016

Dunia kerja dan pendidikan merupakan hal yang hampir tidak bisa dipisahkan. Walaupun pendidikan bisa didapatkan secara non formal maupun informal, namun tidak sedikit perusahaan yang lebih menghargai lulusan pendidikan formal. Maka dari itulah banyak orang mempertimbangkan untuk mengambil pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk mengambil pendidikan pascasarjana.

Tujuan

Pada dasarnya tujuan dalam mengambil pendidikan pascasarjana adalah untuk menekuni lebih dalam suatu bidang ilmu yang nantinya dapat berguna untuk dunia kerja. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan maupun institusi memberi syarat jenjang pendidikan tertentu bagi calon pekerjaannya. Di samping itu, ada profesi tertentu yang membutuhkan spesialisasi pada suatu bidang untuk dapat melakukan pekerjaannya. Maka dari itu, pahamilah apa yang menjadi tujuan Anda sebenarnya.

Keuntungan

Salah satu keuntungan mengambil pendidikan pascasarjana adalah mengembangkan kompetensi diri untuk dunia kerja. Dengan memiliki gelar pascasarjana, Anda akan lebih mudah dalam menghadapi kompetisi kenaikan jabatan di dunia kerja. Tidak hanya itu, gelar pascasarjana ibarat tanda seseorang telah ‘menikah’ dengan ilmu, hal ini terutama bagi gelar Doktor. Di situlah pendidikan pascasarjana Anda akan menandai bahwa Anda adalah seorang ahli pada bidang tertentu.

Konsekuensi

Konsekuensi pertama yang mungkin Anda hadapi adalah biaya. Jika Anda mendapatkan beasiswa baik dari perusahaan, institusi pendidikan, maupun pemerintah, itu tidak masalah. Akan tetapi Anda harus mempertimbangkan jika Anda memilih membiayai sendiri pendidikan Anda. Di samping itu, terdapat konsekuensi kedua yaitu masalah waktu. Anda bisa saja mengorbankan waktu untuk pendidikan Anda yang akan berpengaruh pada kehidupan kerja maupun keluarga Anda.

Realistis

Realistis dalam mengambil keputusan adalah hal yang penting. Memperoleh gelar pascasarjana bukanlah sekadar gengsi, namun juga sebuah tanggung jawab terhadap sebuah bidang ilmu. Anda juga harus mengetahui bahwa beberapa perusahaan yang lebih mengutamakan pengalaman kerja dibanding level pendidikan. Belum lagi, ada perusahaan yang merasa lebih baik menyekolahkan karyawannya sesuai kebutuhan perusahaan. Akan tetapi, tidak sedikit pula perusahaan yang mencari profesional dengan gelar pascasarjana. Maka dari itu, perlu diperhatikan seberapa penting pendidikan pascasarjana bagi proyeksi masa depan Anda. [Eva]