Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Siapkan Diri untuk Karier Impian

Posted on 23/11/2016 by Administrator
Post on
23
Nov
2016

Pekerjaan merupakan kegiatan jangka panjang yang harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Tidak hanya berguna untuk bisa naik ke jenjang karier berikutnya, namun kinerja yang baik juga akan berguna bagi track record perjalanan hidup dan karier Anda. Mendapatkan pekerjaan impian merupakan salah satu cara untuk dapat berkinerja dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk dapat meraih pekerjaan impian Anda.

Identifikasi Kemampuan Diri

Kenali diri Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda. Identifikasi kemampuan akademik, soft skill, karakter diri, kelebihan, kekurangan dan prinsip hidup Anda. Memahami aspek-aspek tersebut akan memberikan gambaran awal bidang kerja Anda, apakah Anda akan bekerja di pemerintahan, swasta, bidang advokasi masyarakat, ataupun wirausaha.

Memahami Pekerjaan yang Diinginkan

Pahami apakah Anda akan bekerja sesuai dengan bidang ilmu Anda atau sesuai dengan kesukaan Anda. Apakah bekerja hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan materi atau bekerja sesuai dengan passion, dan bahkan Anda bisa pula Anda mempertimbangkan lokasi kerja. Dengan memiliki pemahaman atas apa yang diinginkan, maka akan dengan mudah menentukan target ke depan.

Bangun Personal Branding dan Relasi

Selain memahami diri, Anda juga harus menyiapkan diri dari segi materi. Buatlah CV dan surat lamaran yang kreatif sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda dapatkan. Ingat, buat seringkas mungkin dengan cara menampilkan informasi yang relevan. Jangan lupa pula menyiapkan diri untuk wawancara kerja. Bangun personal branding yang baik jauh sebelum wawancara kerja agar apa yang Anda tampilkan saat wawancara kerja tidak terlihat dibuat-buat. Bangun pula relasi untuk bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai lapangan dan gambaran kerja. Hal ini penting karena terkadang pekerjaan impian Anda mungkin tidak sesuai dengan bayangan Anda selama ini.

Selalu Belajar dan Berpikiran Terbuka

Pekerjaan di dunia ini merupakan hal yang selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman serta inovasi teknologi. Untuk itu Anda harus selalu berpikiran terbuka untuk menerima perubahan dan siap belajar untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Tidak ada salahnya juga untuk mencari tahu proyeksi ke depan mengenai perkembangan pekerjaan yang mungkin terjadi. Jangan lupa untuk tetap percaya diri dengan kemampuan Anda dan bersyukurlah atas apa yang telah dicapai. [Eva]