Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

​Mengembangkan Keterampilan dalam Dunia Kerja

Posted on 30/11/2016 by Administrator
Post on
30
Nov
2016

Menjadi seorang yang terampil tidak hanya membuat seseorang mampu menyelesaikan tugas, namun juga dapat berproses dengan cekatan dengan hasil yang maksimal. Keterampilan juga dapat membangun hubungan yang harmonis dalam pekerjaan dan menambah nilai diri anda . Untuk itu, keterampilan harus senantiasa dikembangkan melalui pelatihan dan pengalaman. Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang harus selalu dikembangkan oleh seseorang dalam dunia kerja.

Keterampilan Teknis

Perkembangan teknologi tidak dapat dihindari lagi dan tentunya perusahaan menggunakan teknologi yang relevan untuk dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Maka dari itu, anda harus senantiasa mengikuti perkembangan teknologi dan melatih diri anda untuk menggunakannya baik itu perangkat keras maupun lunak. Utamanya anda akan diwajibkan fasih dalam menggunakan perangkat lunak Office. Akan tetapi, tidak ada salahnya mempelajari aplikasi desain, Search Engine Optimization, dan aplikasi maupun fitur lain yang kiranya akan berguna dalam pekerjaan anda.

Keterampilan Komunikasi

Komunikasi adalah hal yang pasti terjadi di dunia ini. Bahkan sekalipun pekerjaan anda tidak melibatkan banyak orang, anda tetap harus melakukan komunikasi. Maka dari itu, mengembangkan kemampuan berkomunikasi adalah hal yang penting. Anda dapat memulai dari berlatih mendengarkan dengan baik apa yang atasan anda katakan. Selanjutnya anda dapat mengungkapkan ide dan pendapat anda dalam forum. Jangan lupa untuk latih kemampuan kerja sama anda dan jangan malu untuk meminta pendapat rekan kerja anda mengenai kemampuan berkomunikasi anda.

Hal penting lainnya adalah jangan berhenti berlatih bahasa asing. Social and Cross Cultural Skills merupakan hal yang saat ini tidak boleh dilewatkan untuk anda yang ingin berkarier dalam lingkup yang lebih luas. Jika anda tidak memiliki waktu untuk mengikuti kursus, anda dapat mencari materi secara daring, membeli buku, maupun melakukan kursus online.

Softskill

Kata softskill rasanya sudah sangat sering disebutkan dalam salah satu deretan kriteria utama rekrutmen tenaga kerja. Hal tersebut memang penting untuk diasah dengan pengalaman maupun latihan baik secara individu maupun dalam workshop. Softskill ini meliputi keterampilan menggunakan logika untuk dapat memecahkan masalah, berpikir kreatif, beradaptasi, maupun kepemimpinan. Anda juga dapat melakukan hobi atau hal lain di luar pekerjaan anda seperti bermain musik ataupun melukis untuk menambah nilai anda di hadapan pekerja lainnya. [Eva]