Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

​Membangkitkan Semangat dalam Bekerja

Posted on 21/12/2016 by Administrator
Post on
21
Dec
2016

Setelah bekerja selama setahun penuh tentunya rasa lelah dan ingin segera berlibur sesekali menghinggapi. Hal ini tanpa disadari terkadang membuat semangat dalam bekerja menjadi menurun. Efeknya tentu akan buruk dan dapat membuat hasil kerja tidak maksimal. Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membangkitkan semangat dalam bekerja.

Pahami Apa yang Menjadi Masalah

Mencari tahu apa yang menjadi sebab dari menurunnya semangat kerja merupakan hal utama yang harus dilakukan agar anda dapat menyiapkan solusi yang tepat bagi masalah anda. Sebelum anda mencari tahu sumber masalah anda, awali dengan bersyukur atas pekerjaan yang anda miliki dan pencapaian yang telah didapatkan. Di samping itu, ingatlah tujuan anda bekerja kan kembalikan lagi motivasi kuat yang sempat anda miliki. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif agar anda tidak merasa terbebani dengan pekerjaan anda.

Lakukan Beberapa Hal di Luar Kebiasaan

Rutinitas yang membosankan sering kali akan membuat anda kehilangan semangat bekerja. Untuk itu, anda dapat melakukan beberapa hal di luar kebiasaan anda untuk dapat meningkatkan semangat. Mulailah mengubah penampilan anda dengan menggunakan pakaian berwarna cerah dengan beberapa tambahan aksesoris. Mulailah beberapa kebiasaan baru dengan bangun lebih pagi dan tidak melewatkan sarapan serta membuat daftar rencana kegiatan berdasarkan prioritas.

Anda juga dapat mengubah tatanan meja kerja anda agar tidak membosankan. Perbaharui pula daftar putar musik anda di tempat kerja untuk mendapatkan semangat kerja anda kembali. Siapkan juga beberapa camilan penambah semangat seperti cokelat dan kacang almond. Akan tetapi, jangan lupa berolahraga setiap minggunya agar tubuh anda tetap terjaga kesehatannya.

Siapkan Rencana Hiburan dan Liburan

Berikan penghargaan bagi diri sendiri yang telah melewati satu tahun penuh untuk bekerja dengan menyiapkan rencana liburan akhir tahun. Liburan akhir tahun tentu akan menjadi opsi yang menyenangkan untuk menghilangkan kepenatan anda dalam bekerja. Jika anda merasa liburan akan melelahkan dan ingin mengalokasikan dana liburan ke tabungan, anda bisa menyiapkan rencana hiburan. Kunjungilah tempat menarik di sekitar anda atau siapkanlah beberapa film untuk ditonton di rumah. [Eva]