Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

CV yang Sempurna untuk Melamar Pekerjaan

Posted on 11/01/2017 by Administrator
Post on
11
Jan
2017

Dalam melamar pekerjaan, CV merupakan impresi pertama yang dapat diberikan pelamar kepada perusahaan. Untuk itu, penting untuk membuat CV yang menarik sebelum akhirnya pelamar dapat memberikan kesan langsung dalam tahap wawancara. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk dapat membuat CV yang sempurna.

Jelas
Kejelasan CV baik dari segi penulisan maupun desain merupakan hal penting untuk dapat menarik perusahaan mempelajari lebih jauh detail dalam CV tersebut.

Identitas
Cantumkan identitas di bagian atas CV. Saat ini sudah banyak yang berkreasi dengan peletakan identitas di bagian bawah atau samping. Akan tetapi, perusahaan biasanya menyukai peletakan identitas di bagian atas. Identitas terdiri dari nama, nomor kontak, e-mail, dan alamat. Untuk alamat anda tidak harus mencantumkannya secara detail.

Posisi yang Diinginkan
Tuliskanlah posisi apa yang anda inginkan. Jika anda masih belum mengetahui secara detail posisi pekerjaan tersebut, tuliskan gambaran bidang kerja yang diinginkan. Cantumkan kelebihan anda yang dapat mendukung pekerjaan tersebut dan jangan lupa mempelajari detail perusahaan tempat anda melamar pekerjaan.

Pendidikan, Kursus, Penghargaan, dan Pengalaman Kerja
Untuk latar belakang pendidikan, tuliskanlah pendidikan anda mulai dari SMA. Tuliskan pula jurusan, tahun lulus, dan IPK pada pendidikan tinggi yang anda tempuh. Di samping itu, cantumkan kursus yang sudah anda jalani beserta nilai dari kursus tersebut. Penghargaan yang anda dapatkan juga penting untuk dituliskan karena akan menambah nilai diri anda. Tidak kalah penting adalah pengalaman kerja. Tuliskanlah dari pekerjaan terakhir anda dan seterusnya. Ingat! Cantumkanlah informasi yang relevan dengan posisi yang ingin anda lamar.

Kemampuan dan Ketertarikan
Jelaskan secara singkat apa yang menjadi kemampuan dan ketertarikan anda berkaitan dengan posisi yang ingin didapatkan. Tetaplah santun dan rendah hati dalam menuliskannya serta tunjukkanlah ketertarikan anda pada perusahaan dan posisi yang diincar.

Referensi
Terkadang untuk meyakinkan perusahaan bahwa pelamar adalah orang yang diinginkan, perusahaan perlu mendapatkan informasi langsung dari atasan terdahulu, relasi yang relevan, dan dosen dari pelamar. Maka dari itu, referensi diperlukan oleh perusahaan untuk kepentingan tersebut. Tuliskanlah referensi berupa nama dan jabatan orang yang menjadi referensi pada bagian bawah CV. Untuk privacy, jangan cantumkan nomor kontak maupun e-mail karena jika perusahaan membutuhkan maka perusahaan akan menghubungi pelamar untuk mendapatkan kontak dari referensi tersebut. [Eva]

SUMBER: Tim EMTEK Goes to Campus (disampaikan dalam seminar ‘From Campus to Corporate’ pada Jumat, 4 November 2016 di Ruang Seminar Perpustakaan Pusat UGM.