Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

​Sukses Melewati Wawancara Kerja

Posted on 19/01/2017 by Administrator
Post on
19
Jan
2017

Setelah menuliskan CV dengan sempurna untuk melamar pekerjaan, tahap selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi tahap wawancara. Berikut ini adalah beberapa kiat sukses pada tahap wawancara.

Tentang Perusahaan

Pelajarilah informasi mendasar mengenai perusahaan termasuk bidang usaha dan nama pimpinan perusahaan. Pengetahuan mengenai perusahaan akan menunjukkan ketertarikan anda pada perusahaan tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi dari situs jejaring perusahaan maupun tulisan dan ulasan dari netizen di internet.

Daftar Pertanyaan

Tidak hanya diberi pertanyaan, dalam tahap wawancara biasanya pewawancara akan memberi kesempatan pada pelamar kerja untuk mengajukan pertanyaan. Normalnya, pewawancara akan memberi poin lebih pada pelamar kerja yang memiliki keingintahuan yang tinggi dan memberikan pertanyaan yang relevan dengan posisi yang dilamar. Anda dapat menanyakan mengenai besaran gaji, fasilitas yang didapat, dan peran perusahaan dalam mengembangkan kemampuan karyawannya.

Berpenampilan Profesional

Penampilan merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh pewawancara. Maka dari itu, gunakanlah pakaian yang sesuai saat wawancara. Jika anda tidak yakin, tanyakanlah kepada pewawancara ataupun pihak perusahaan. Jangan lupa perhatikan pula kerapian dan kebersihan serta gunakanlah aksesori penunjang yang sewajarnya.

Jangan terlambat

Ketepatan waktu dapat menunjukkan bagaimana kebiasaan dan gambaran kinerja anda. Oleh karenanya, jangan sampai perusahaan langsung tidak mempertimbangkan kemampuan anda karena keterlambatan pada tahap wawancara.

Kesan yang Baik

Buatlah kesan yang baik dengan komunikasi non verbal dan verbal yang baik. Anda dapat melakukannya dengan senyum yang antusias dan jabat tangan yang percaya diri. Di samping itu, berbicaralah secara apa adanya dan tulus. Jangan lupa untuk melatih kemampuan mendengarkan anda. Walaupun terdengar remeh, akan tetapi hal ini menjadi penting karena saat anda tidak memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, bisa saja anda gagal menjawab pertanyaan dengan tepat.

Be Clear About Your Interest

Jelaskan apa yang menjadi ketertarikan anda dalam berkarier. Hal ini akan sangat membantu menempatkan anda pada bidang yang dikuasai dan diminati.

Penutupan

Berikanlah penutupan yang sopan dan baik dengan menunjukkan ketertarikan terhadap perusahaan serta posisi yang dilamar. Sampaikan mengapa perusahaan membutuhkan anda serta jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan. [Eva]


SUMBER: Tim EMTEK Goes to Campus (disampaikan dalam seminar ‘From Campus to Corporate’ pada Jumat, 4 November 2016 di Ruang Seminar Perpustakaan Pusat UGM).