Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

‚ÄčIntegritas dalam Berkarier

Posted on 13/02/2017 by Administrator
Post on
13
Feb
2017

Kata integritas dapat dengan mudah didengarkan dalam berbagai seminar karier maupun kiat dari praktisi ataupun akademisi sebagai salah satu unsur kesuksesan. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui secara mendalam apakah itu integritas, apa yang menjadi karakteristik orang berintegritas, dan bagaimana cara untuk menjadi sosok yang berintegritas. Maka dari itu, berikut ini adalah pemaparan singkat mengenai integritas dalam berkarier.

Memaknai Integritas

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas dimaknai sebagai mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan.

Jika ditarik ke dalam dunia karier, integritas merupakan kesatuan dan konsistensi terhadap prinsip dan nilai yang diyakini. Hal ini nantinya digunakan untuk menilai sejauh mana seseorang dihargai dalam lingkungan pekerjaan.

Karakteristik Orang yang Berintegritas

Karakteristik konsisten yang dapat ditemukan pada orang dengan integritas yaitu:

  1. Bertanggung Jawab
    Komitmen dalam bekerja dan bersikap terbuka demi kemajuan tim menjadi salah satu bentuk tanggung jawab. Di samping itu, sebagai orang yang bertanggung jawab anda harus bisa mengakui kesalahan dengan tekad tidak akan mengulanginya lagi. Hal ini nantinya akan memunculkan respect dari rekan kerja.
  2. Jujur dan Rendah Hati
    Karakter jujur dan rendah hati harus diterapkan tidak hanya dalam ucapan, namun juga dalam tindakan. Melalui kejujuran dan kerendahan hati inilah akan muncul kepercayaan dari lingkungan kerja pada diri anda.
  3. Konsisten Antara Kata-kata dan Perbuatan
    Karakter lain yang dapat ditemukan pada orang dengan integritas adalah keselarasan antara nilai dan tindakan. Integritas juga akan terbukti pada saat kita melakukan apa yang benar, tanpa memedulikan opini orang lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Tidak Menganggap Remeh Hal-hal Kecil
    Jangan pernah meremehkan hal sekecil apa pun. Melalui penghargaan terhadap hal yang sederhana, anda dapat belajar untuk menghargai orang lain.

Menjadi Sosok Berintegritas

Mahatma Gandhi pernah mengatakan bahwa salah satu hal yang akan menghancurkan kita adalah pengetahuan tanpa karakter. Maka dari itu, penting untuk berproses menjadi sosok dengan integritas.

Awali dengan introspeksi diri mengenai karakter anda. Jika dirasa belum cukup, anda bisa meminta pendapat dari pihak ketiga untuk menilai diri anda. Di samping itu, jangan lupa untuk mengevaluasi lingkungan dengan mencari tahu apakah anda sudah dikelilingi oleh orang berenergi positif. Terakhir, lakukan perubahan!

Buatlah sebuah inovasi dan lakukan perubahan diri. Ingatlah bahwa integritas adalah sebuah komitmen yang di dalamnya memiliki kesatuan nilai yang harus ada pada diri seseorang. Untuk itu, anda harus memegang teguh integritas yang dimiliki. [Eva]


Sumber:

Way Basic Personality for Your Successful Work Days oleh Tim Paragon Technology and Innovation

Materi Pembekalan Calon Wisudawan UGM Program Pasca Sarjana Periode Januari 2017 oleh Drs. Agus Susanto, M.M. (Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan) dan Ari Askhara (Direktur Human Capital and Development PT. Wijaya Karya Tbk)