• Tentang UGM
  • Simaster
  • Perpustakaan
  • DSSDI
  • ID
    • EN
    • ID
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Kantor Alumni
  • Beranda
  • TENTANG KAMI
    • PROFIL KANTOR ALUMNI
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • DIREKTORI STAF
  • PROGRAM ALUMNI
    • PEMBUATAN KARTU GAMA CO-BRAND
    • LEGALISASI IJAZAH & TRANSKRIP NILAI
    • DONASI BEASISWA ALUMNI UGM
    • Tracer Study UGM
    • Pojok KAGAMA Komunitas
  • PROGRAM KARIER
    • Tentang UGM Career
    • LOWONGAN KERJA
    • MAGANG
    • CAREER CLASS & ALUMNI SHARING
    • UGM Integrated Career Days
      • UGM INTEGRATED CAREER DAYS 2025
      • UGM INTEGRATED CAREER DAYS NOVEMBER 2024
      • UGM INTEGRATED CAREER DAYS 2024
      • UGM Integrated Career Days November 2023
      • UGM Integrated Career Days Juni 2023
      • Gadjah Mada Career Festival (GMCF) 2022
      • UGM Integrated Career Days 2020
      • UGM ICD 2019
      • UGM ICD 2018
      • UGM ICD 2017
    • KONSELING KARIER
  • ALUMNI AWARDS
    • TENTANG UGM ALUMNI AWARDS 2025
    • PEMENANG ALUMNI AWARD
  • TETAP TERHUBUNG
    • KONTAK KAMI
    • FAKULTAS & SEKOLAH
    • MEDIA SOSIAL & HOTLINE SERVICE
    • KAGAMA
  • Beranda
  • Tips-id
  • How to Build Your Personal Branding?

How to Build Your Personal Branding?

  • Tips-id
  • 15 September 2022, 13.02
  • Oleh: Admin
  • 0

Personal branding merupakan sebuah aksi yang membutuhkan strategi dan langkah nyata untuk mencapai tujuan citra diri. Branding yang ada pada diri hanya bisa dilihat oleh orang lain dari cara kita bersikap, berperilaku, ataupun dari cara kita saat mengerjakan sesuatu. Jeff Bezos, CEO of Amazon, menyampaikan “Branding is what people say about you when you’re not in the room”. Apapun yang orang lain bicarakan saat kita tidak berada di dekat mereka adalan branding diri yang telah kita perbuat.

Personal branding tidak bisa dipaksakan. Perlu ada evaluasi diri jika pandangan orang lain terhadap diri kita ternyata tidak sesuai dengan keinginan kita. Lalu bagaimana cara membuat personal branding yang sesuai dengan citra yang akan kita buat?

Clear
Kejelasan, pastikan mengerti diri sendiri dan secara jelas merepresentasikan identitas yang melekat pada diri. Lakukan kegiatan yang sesuai dengan minat diri sebagai orang yang mampu/ahli di suatu bidang, sehingga orang lain dapat melihat dan mengenali diri kita dengan jelas.

Consistent
Lakukanlah semua pekerjaan yang sesuai dengan minat itu secara terus-menerus. Hal ini akan dirasa cukup sulit, tetapi hal tersebut akan membentuk citra diri. Dari pandangan, orang dapat memberikan kesan dan menganggap apa yang kita lakukan terus-menerus akan melekat pada diri, dan kita kan dikenal sebagai orang yang ahli dalam bidang tersebut.

Recognizable
Hal ini menjadi tujuan kita dalam personal branding, di masa sekarang peran media sosial menjadi yang utama. Melalui apa yang kita bagikan, orang secara luas dapat mengenal, diperlukan sebuah konten agar setiap orang yang menonton mendapatkan kesan. Konten inilah yang dimaksud dengan minat dan harus dilakukan terus-menerus, agar orang lain dapat mengenali diri kita. (Nurul)

Recent Posts

  • Pertamina Hulu Energi Buka Kesempatan bagi Mahasiwa dan Alumni untuk Berkarier di Industri Oil & Gas
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  • PT Bank OCBC NISP Tbk
  • PT Odoo Software Indonesia
  • PT Tumbuh Bersama Nano (Nanovest)
Universitas Gadjah Mada

Kantor alumni
Universitas Gadjah Mada
Bulaksumur Blok D5, Yogyakarta 55281
alumni@ugm.ac.id
+62 (274) 552810
+62 8112 5824 34

TENTANG KAMI

  • Profil Kantor Alumni
  • Kontak Kami
  • Direktori Staf
  • Tracer Study UGM
  • Sahabat UGM
  • Simaster UGM

TAUTAN

  • Universitas Gadjah Mada
  • KAGAMA
  • Webmail UGM

© 2023 - Kantor Alumni Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju