Tentang UGM
IT Center
Perpustakaan
Penelitian
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Komitmen UGM dalam Peningkatan Mutu dan Kualitas Pelayanan Alumni

Posted by Administrator
Posted on
27
Jan
2017

Mengawali agenda pertemuan di awal tahun, Direktorat Kemitraan Alumni dan Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada (DKAUI UGM) melalui Subdirektorat Hubungan Alumni mengadakan kegiatan bertajuk  “Rapat Koordinasi Layanan Legalisasi Online” pada Kamis (26/01) siang. Bertempat di Ruang Multimedia Gedung Pusat UGM, rapat ini membahas optimalisasi pelayanan alumni dan kemajuan pengembangan layanan legalisasi ijazah dan verifikasi alumni berbasis online. Pertemuan yang mengundang seluruh wakil dekan dan kepala seksi bidang akademik dan kemahasiswaan ini juga bertujuan untuk membangun pelayanan alumni di tingkat universitas dan fakultas yang lebih bersinergi.

Seperti diungkapkan Dr. Paripurna, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM, pertemuan seperti ini penting dalam usaha meningkatkan pelayanan alumni dan karier (UPAK), baik tingkat fakultas maupun universitas . Terlebih saat ini, UGM tengah berkomitmen dalam peningkatan mutu dan kualitas pelayanan terhadap alumni UGM. Seperti inovasi baru sistem legalisasi yang ke depan akan diberlakukan dengan sistem online dan terpusat.

“UGM berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dalam kualitas dan mutu pelayanan. Termasuk pelayanan kepada alumni. Sistem ini merupakan langkah yang inovatif untuk ke depan semakin mempermudah pelayanan alumni,” ungkapnya.

Selain itu, Dr. Paripurna menyampaikan bahwa sistem yang sudah ada saat ini sudah cukup baik. Namun, terkait sistematika dan alur proses masih harus dioptimalkan agar lebih baik dan mudah digunakan. Di samping itu, Ia juga mengharapkan adanya kesepakatan mengenai penyeragaman sistem dalam pelayanan alumni. Hal ini dikarenakan kebijakan untuk legalisasi ijazah dan verifikasi alumni saat ini masih berada di masing-masing fakultas.

“Saat ini sistem yang sudah dibangun sudah dirasa cukup baik, namun masih perlu di optimalkan dan disinergikan kembali. Perlu juga ada penyeragaman sistem untuk pelayanan legalisasi dan verifikasi ke depan yang akan menggunakan sistem online,” ujar paripurna.

Turut hadir dalam rapat koordinasi ini, Dr. Sulistyowati, Kepala Subdirektorat Hubungan Alumni UGM, yang memaparkan kemajuan dari layanan alumni di tingkat universitas. Menurutnya, saat ini sistem legalisasi dan verifikasi online sedang dalam tahap pengembangan bersama dengan tim dari Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM. Layanan untuk alumni ini nantinya akan menjadi satu dengan aplikasi SIMPONI. Harapannya, layanan ini akan dapat mudah diakses oleh alumni UGM dimana pun berada.

“Saat ini sedang dalam pengembangan layanan legalisasi ijazah dan verifikasi alumni online dalam layanan aplikasi SIMPONI bersama DSSDI, termasuk akan bekerja sama juga dengan perusahaan ekspedisi. Sehingga akan memudahkan alumni dalam pengurusan legalisasi dan verifikasi,” ujarnya. [Eggy]