“Kemampuan ekstra yang dimiliki di luar kemampuan yang didapat dari perkuliahan dapat menjadi nilai tambah untuk merebut kesempatan di dunia kerja maupun untuk menciptakan dunia kerja. Salah satu dari kemampuan ekstra itu adalah berbicara di depan publik,” ujar I Made Andi Arsana, Ph. D. selaku Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada pada sambutannya di acara Career Talks and Explorations pada Selasa (1/11). Mengambil tema ‘Public Speaking’ pada series kedelapannya, seminar yang diadakan Subdirektorat Hubungan Alumni UGM ini menghadirkan Radju Manusamy yang merupakan Chairman of Jebsen & Jessen Indonesia sebagai pembicara.
Bertempat di Ruang Seminar Perpustakaan Pusat UGM, seminar ini berfokus pada meningkatkan kemampuan berpresentasi. “Pesan dalam presentasi merupakan hal yang penting. Namun, pesan tersebut dapat hilang kepentingannya karena penyampaian. Maka dari itu, penting untuk belajar mengenai kemampuan presentasi,” ungkap Radju pada acara yang dihadiri oleh sekitar 150 peserta tersebut.
Presentasi sesederhana apapun membutuhkan perencanaan yang matang sebelum dituangkan dalam persiapan dan pelaksanaan. Ide dan skenario presentasi menjadi krusial karena presentasi pada dasarnya merupakan pesan penting yang disampaikan secara terstruktur untuk audiens tertentu dan tujuan tertentu pula. Di samping itu, hal lain yang tidak kalah penting adalah memahami audiens dan membuat storyline presentasi sesuai dengan audiens yang akan dihadapi.
Setelah membahas mengenai perencanaan presentasi, dibahas pula bagaimana melakukan perencanaan presentasi baik dari cara memilih font maupun menampilkan judul. Tak lupa pula disampaikan tips menyampaikan presentasi termasuk dari segi suara. Dalam melakukan presentasi juga harus memikirkan skenario terburuk yang mungkin dapat terjadi dalam pelaksanaannya seperti audiens yang mudah bosan. Hal-hal tersebutlah yang perlu diperhatikan untuk dapat sukses dalam melakukan presentasi.
“Kita tidak dapat memuaskan semua orang melalui apa yang kita sampaikan. Maka dari itu, pahamilah baseline audiens dan tentukanlah key stakeholder, yaitu siapa saja pihak utama yang ingin dituju melalui pesan dalam presentasi kita,” ujar Radju menutup seminar yang berlangsung selama 3 jam tersebut. [Eva]