Universitas Gadjah Mada bersama dengan PT Astra Internasional Tbk menyelenggarakan webinar bertajuk “Astra Career Meet Up: How to Survive at Your Working Environment” pada Jumat, (16/7) melalui Zoom Meeting Room.
Kegiatan ini dihadiri lebih dari 170 mahasiswa dan alumni dari beragam program studi di UGM. Dr. Sulistyowati,S.S., M.Hum., Kepala Subdirektorat Hubungan Alumni UGM dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa dalam webinar kali ini peserta akan mendapatkan banyak hal baru dan wawasan yang nantinya dapat membuka kesempatan seluas-luasnya terutama dalam berkiprah di PT Astra Internasional Tbk.
“Mudah-mudahan kita mendapat peluang dan kesempatan untuk meniti karier dan bertahan di lingkungan kerja terutama pada kondisi seperti saat ini,” ujarnya.
PT Astra Internasional Tbk. yang memiliki sekitar 188.031 karyawan ini memiliki filosofi yang kerap disebut Catur Dharma, yang pertama adalah dapat menjadi milik yang bermanfaat bagi negara, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menghargai individu dan membina kerja sama, serta senantiasa berusaha mencapai yang terbaik. Astra Internasional hingga saat ini masih terus mengembangkan lini bisnisnya terutama dalam bidang pembangunan.
Valentina Maria, Head of Recruitment and Assesment PT Astra Internasional Tbk turut menyampaikan sambutannya. Valentina mengatakan bahwa pada kegiatan ini kita harus memanfaatkan waktu di mana kita bisa sharing dan membuka diri. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya.
Webinar ini diisi oleh dua narasumber, yaitu Susanto Haryono, Industrial Relations Senior Analyst PT Astra Internasional Tbk dan Triyanto, CSR Program Manager ESR Division PT Astra Internasional Tbk. Kedua narasumber ini merupakan alumni UGM dari Fakultas Hukum dan FISIPOL.
Susanto mengawali seminar dengan memaparkan tantangan yang dihadapi semasa PPKM saat ini di mana segala sesuatu menjadi terbatas dan harus bergerak cepat untuk melakukan penyesuaian. Sutanto menyampaikan ada tiga aspek pendukung untuk dapat bertahan di lingkungan pekerjaan. Pertama, kesiapan diri baik itu secara mental maupun spiritual. Setelah itu adalah kebahagiaan dalam menjalani pekerjaan. Kedua adalah working environment, yaitu berhubungan dengan sosial, keluarga, dan saling tolong menolong. Ketiga adalah performance. Ketiga hal ini harus dibangun di lingkungan pekerjaan agar dapat bertahan di lingkungan pekerjaan.
Paparan selanjutnya disampaikan oleh Triyanto. Triyanto menjelaskan bagaimana caranya sukses dalam membangun jaringan untuk mendukung karier kita di dunia kerja. Ada lima manfaat dari networking yaitu memperkuat hubungan bisnis, mendapatkan ide baru dari sekitar, meningkatkan jaringan baru dan membuat kita lebih mudah “terlihat”, mendapat akses untuk kesempatan kerja, serta membangun kepercayaan diri dan dapat menumbuhkan banyak perspektif. Triyanto juga memberikan tips apa saja yang harus dilakukan untuk me-maintain hubungan dengan atasan dan networking kita.
Melalui kegiatan webinar ini diharapkan peserta mampu menggali banyak informasi dan sebagian di antaranya dapat mengikuti jejak para narasumber untuk berkiprah di PT Astra Internasional Tbk dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. Selain itu juga melalui kegiatan ini peserta dapat memperkuat karakternya menjadi SDM unggul yang siap bersaing di kancah nasional maupun global.
[Hubungan Alumni/Artikel:Winona, Foto:Anas]