Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional Universitas Gadjah Mada (DKAUI) kembali melaksanakan kegiatan webinar yang bertajuk Webinar Karier #2: Social Media Branding. Kegiatan kali ini diselenggarakan pada Minggu, (15/8) melalui Zoom Meeting Room dan dihadiri oleh lebih dari 30 peserta alumni UGM.
Kegiatan webinar kali ini dibuka oleh Direktur Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional UGM, Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Si. Dalam sambutannya, Dr. Danang menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi khususnya media sosial sedikit menggeser cara perusahaan maupun institusi dalam menyampaikan informasi. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai sarana pemasaran namun juga sebagai branding bagi banyak perusahaan swasta, BUMN, dan institusi pemerintahan saat ini. Danang menambahkan, penting bagi alumni UGM untuk mulai mem-branding diri melalui media sosial agar dan menjadi portofolio yang nantinya berguna untuk memasuki dunia karier profesional.
Narasumber pertama pada webinar karier kali ini yaitu, drg. Dian Nirmalasari, owner Forbeau Dental and Skincare. Dirinya menjelaskan bahwa penting bagi alumni untuk selalu menampilkan hal positif pada setiap postingan yang ditampikan di media sosial. Seseorang harus paham mengenai konten yang ingin ditampilkan dan menjadi branding diri seseorang tersebut. Misalnya, menampilkan hasil karya yang dibuat, kegiatan pekerjaan/karier profesional, promosi usaha yang dibangun (marketing), atau sekadar berbagi informasi dan edukasi. Dian juga memberikan tips pada saat mengunggah gambar di akun media sosial, berikan caption atau cerita terkait foto yang diunggah dengan semenarik mungkin dan selalu positif.
Agus Supriyo, S.Hut., sebagai Ketua DPD AELI Daerah Istimewa Yogyakarta dalam permaparannya mengatakan bahwa branding diri melalui media sosial sangat bisa dilakukan. Branding adalah segala usaha untuk menciptakan sebuah persepsi agar dikenal orang lain. Saat ini, personal branding melalui media sosial sangat mudah dilakukan karena biayanya murah namun jangkauannya sangat luas. Melalui media sosial, seseorang dapat menuangkan kreatifitas dengan berbagai cara seperti foto dan video. Pengguna media sosial juga dengan mudah dapat berinteraksi dengan orang lain dengan berbagai fitur yang ada pada masing-masing platform media sosial yang ada.
Dalam materinya, Agus memberikan beberapa langkah dalam membangun brand image melalui media sosial. Pertama, buat perencanaan yang matang mengenai apa yang ingin ditampilkan pada akun media sosial. Hal tersebut bisa mengenai hobi, kegiatan keseharian, karya, atau profesionalitas dalam bekarier. Kedua, kenali platform media sosial yang ingin digunakan dan manfaatkan semaksimal mungkin dengan cara yang positif. Kemudian, konsisten di setiap akun media sosial yang digunakan dan buat konten yang kreatif dan edukatif bagi masyarakat penting dilakukan oleh para alumni UGM. Selanjutnya, bangun interaksi dengan teman/follower dan influencer akan menambah nilai plus dalam aktivitas branding diri di dunia maya.
Agus menekankan bahwa sebagai pengguna media sosial, kita harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial karena saat ini jejak digital sangat mudah untuk diakses oleh publik. Jangan sampai jejak digital menghambat career path yang ingin diraih oleh para lulusan UGM. Agus mengatakan bahwa sangat penting bagi kita untuk memahami, menciptakan, dan memeriksa media sosial yang ditampilkan pada publik.
[Hubungan Alumni/Artikel: Conney, Foto: Anas]