Kantor Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalin kolaborasi dengan Nestlé Indonesia untuk menggelar acara “Career Preparation Class” (CPC) pada Senin (5/8) di Ruang Multimedia 1 Gedung Pusat UGM. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan talenta muda di seluruh Indonesia dan memberikan dampak positif agar lulusan baru siap memasuki dunia profesional.
Yulia Irwanti, Talent Acquisition Partner Nestlé, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari inisiatif “building a future-ready diverse, and inspiring workforce that is a force for good” yang diusung oleh Nestlé. “Harapannya setiap program yang kita ciptakan bisa memberikan manfaat baik kepada lingkungan dan anak muda. Tiga pilar kami adalah work, grow, and make impact,” ujar Yulia.
Pembicara utama dalam acara ini adalah Maruli Sitompul, seorang Sustainability Delivery Manager di Nestlé sekaligus Alumni UGM tahun 1997. Maruli memulai kariernya di Nestlé melalui program NMT Technical pada tahun 2002.
Dalam CPC kali ini, dibahas overview presenting in public, strategy for a great presentation (deliver, engage, design), serta tips dan contoh-contoh presentasi yang baik.
Pentingnya kemampuan presentasi di dunia kerja, kata Maruli, antara lain untuk mempresentasikan progress proyek, business proposal, sales update, training, monthly business update, dan pelaporan. Tiga elemen kunci dalam presentasi yang baik adalah content, design, dan delivery.
“Kita harus tahu apa yang dibutuhkan oleh audiens, knowledge level mereka, bagaimana perasaan mereka terhadap topik yang akan dibawakan, serta mencari tujuan kenapa presentasi itu dilakukan,” jelas Maruli Sitompul.
CPC yang digelar Kantor Alumni UGM dan Nestlé Indonesia merupakan upaya berkelanjutan dalam mempersiapkan mahasiswa dan lulusan baru untuk memasuki dunia kerja profesional. Hal ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) nomor 8 tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, khususnya terkait dengan peningkatan kesempatan kerja bagi kaum muda.
Ke depannya, CPC akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan terkini mahasiswa dan alumni, agar mereka semakin siap dan berdaya saing dalam memasuki dunia kerja. Kolaborasi antara Kantor Alumni UGM dan Nestlé Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan employability generasi muda di Indonesia.
[Kantor Alumni: Kamila, Foto: Aldiza]