Fokus dan Nyaman ketika mengerjakan tugas kantor adalah faktor terpenting bagi keberhasilan kerja Anda. Ketika kehilangan fokus, pekerjaan bisa terbengkalai. Jika pun selesai, hilangnya fokus bisa membuat hasil pekerjaan berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah-salah, Anda akan mendapat teguran dari atasan ketika persoalan ini terus berlarut. Salah satu cara menjaga fokus ketika bekerja adalah dengan membuat lingkungan bekerja senyaman mungkin. Anda akan merasa bosan dan tidak semangat jika lingkungan kerja tidak mendukung suasana batin. Dalam hal ini, meja kerja adalah lingkungan paling dekat dan menjadi tempat menyelesaikan segala pekerjaan. Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar meja kerja terlihat rapi sehingga membuat Anda nyaman dan fokus ketika bekerja.
- Tentukan layout meja Anda
Hal pertama yang dilakukan adalah merancang barang apa saja yang ada di atas meja. Pertimbangkan kebutuhan pekerjaan. Jika membutuhkan komputer, atur penempatan komputer senyaman mungkin. Barang-barang yang sering digunakan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau, sedangkan barang yang tidak sering dipakai diletakkan di tempat lain. Jangan sampai barang-barang tersebut mengganggu kenyamanan kerja dengan komputer
- Arsipkan dokumen-dokumen
Pastikan dokumen-dokumen di atas meja tertata rapi. Gunakan holder atau tempat dokumen lainnya untuk menampung dokumen-dokumen tersebut. Jika dirasa kurang, cari tempat penampungan dokumen lain. Bagi dokumen berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan. Ini akan memudahkan Anda dalam pencarian dokumen jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Dalam hal ini, Anda juga harus menyeleksi dokumen yang benar-benar masih dikerjakan dan yang sudah tidak dikerjakan. Jangan sampai dokumen di atas meja Anda bertumpuk-tumpuk dan tercampur.
- Sediakan tempat untuk menaruh pernak-pernik kantor
Ada sticky note, klip kertas, binder clip, pensil, pulpen yang biasanya dipakai bekerja? Taruhlah barang-barang tersebut pada satu tempat khusus. Anda bisa menempatkan tempat pensil untuk meletakkan alat-alat tulis dan/atau toples. Meski barang-barang tersebut terlihat kecil, apabila tidak ditata nantinya akan membuat meja Anda terlihat berantakan. Meletakkan barang-barang kecil tersebut pada satu tempat khusus juga akan memudahkan Anda untuk mencarinya sewaktu-waktu ketika diperlukan.
- Aturlah kabel-kabel di sekitar meja
Anda pastinya akan terganggu jika melihat kabel komputer, telepon, dan LAN terlilit tidak karuan di sekitar Anda. Lilitan kabel yang tidak rapi bisa membatasi aktivitas dan membuatnya tidak enak dipandang. Cobalah untuk mengatur kabel-kabel di sekitar Anda serapi mungkin. Letakkan kabel-kabel tersebut di tempat yang tidak membuat Anda terganggu.
- Sediakan cemilan di meja
Jika Anda membutuhkan camilan untuk teman bekerja, jangan sungkan-sungkan untuk menyiapkannya di atas meja. Camilan kecil bisa membantu fokus dan menunda lapar. Ketika Anda menaruh camilan di meja, jangan lupa sediakan juga tisu. Jangan sampai karena Anda sibuk menyemil lantas melupakan kebersihan. Bisa-bisa semut berdatangan dan mengganggu pekerjaan.
- Sediakan tempat sampah kecil
Buanglah sisa makanan, kertas salah cetak, dan sampah-sampah pribadi di tempat sampah. Tempat sampah berfungsi untuk menjaga meja Anda selalu bersih. Jangan sampai sampah-sampah tersebut membuat meja Anda berantakan. [Khairul]