Stress adalah hal yang normal dan alamiah dalam kehidupan manusia. Anda tidak dapat menghindari stress. Stress ketika terjebak macet di jalan, stress ketika Anda terlambat dari jadwal atau deadline, stress ketika Anda mengerjakan proyek besar bahkan proyek kecil, dan lain sebagainya. Tapi yang dapat Anda lakukan adalah belajar bagaimana mengelola stress tersebut sehingga Anda bisa terus maju dan memiliki sebuah kebiasaan hidup yang produktif.
Jadi bagaimana Anda dapat memanajemen stress?
Menurut Brian Tracy, seorang pakar pengembangan diri asal Kanada, ada beberapa cara untuk memanajemen stress di dalam hidup kita, antara lain:
- Rencanakan hari Anda
Rencanakan setiap aspek dalam hari Anda. Rencanakan juga kegiatan-kegiatan Anda ke depan, terutama ketika Anda sedang mengalami masa-masa berat dalam hidup. Memiliki rencana harian akan membuat Anda merasa lebih terkontrol. Anda tidak perlu stress menentukan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Manajemen waktu yang baik akan menurunkan tingkat stress Anda. Jadi mulai sekarang biasakan untuk mem-breakdown setiap task kegiatan harian atau mingguan Anda.
- Kerjakan tugas-tugas yang paling penting terlebih dahulu
Menentukan prioritas utama setiap hari sebelum Anda memulai bekerja akan langsung menurunkan stress. Jadi tentukanlah prioritas utama dari pekerjaan Anda dan kerjakan hingga selesai.
- Istirahat lebih banyak
Banyak orang menderita stress dikarenakan mereka kurang tidur. Apabila Anda telah memanajemen hari Anda dengan baik, maka merencanakan lebih banyak tidur seharusnya tidak akan menjadi masalah. Tidur yang cukup akan mengurangi stress Anda secara alami.
- Bicarakan situasi Anda dengan seseorang
Temukan seseorang yang Anda suka, percaya, dan hormati lalu bicarakan pada mereka tentang situasi yang tengah Anda hadapi. Minta saran mereka. Terkadang membicarakan masalah yang sedang Anda hadapi dapat meringankan beban daripada hanya memendam sendiri masalah tersebut di dalam hati.
- Cari pelajaran
Dalam setiap masalah yang sedang Anda hadapi, cara termudah agar Anda tidak stress dalam menghadapinya adalah dengan menanyakan diri Anda: “Apa yang dapat saya pelajari dari pengalaman ini?”, “Pelajaran apa yang ingin diajarkan oleh pengalaman ini kepadaku?”
Itulah kiat-kiat mengurangi stress yang dapat Anda terapkan di tempat kerja. Semoga membantu!
[Hubungan Alumni/Nisa; Foto: enablehr.co.nz]