Bekerja dari rumah dengan gaji di atas rata-rata tentu merupakan impian banyak orang. Tidak harus ke kantor dan membuang-buang waktu serta tenaga untuk perjalanan. Namun, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan dan permasalahannya sendiri, seperti banyaknya distraksi, kurangnya komunikasi, adanya masalah kepercayaan, tida ada work-life balance, dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut beberapa soft skill yang perlu kamu kuasai agar bisa bekerja dari rumah.
Manajemen Waktu
Memiliki kemampuan manajemen waktu akan sangat diperlukan ketika bekerja di rumah. Jika dapat mengatur waktu dengan baik, seperti membuat jadwal harian bekerja dan istirahat, melakukan pekerjaan rumah, dan disiplin terhadap jadwal yang telah disusun, maka hal tersebut dapat mendukung prosesmu dalam bekerja serta memberikan kemudahan juga bagi rekan kerja.
Berkolaborasi (Teamwork)
Berkolaborasi atau bekerja dalam kelompok adalah sebuah kegiatan biasa yang dilakukan di dunia kerja. Setiap individu akan selalu dituntut untuk bekerja dalam sebuah struktur dan mampu bekerja sama dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.
Komunikasi
Di tengah pandemi ini, interaksi langsung sangat jarang terjadi sehingga menurunkan kadar kepercayaan terhadap sesama rekan kerja. Oleh karena itu, kemampuan berkomunikasi sangat dibutuhkan agar komunikasi dengan rekan kerja selalu terjaga. Mempraktekkan komunikasi yang berlebih akan sangat penting untuk meminimalisir kesalahpahaman ketika berdiskusi saat bekerja dari rumah.
Fokus dan Berpikir Kritis
Bekerja di rumah pastinya akan menemukan banyak distraksi. Ditambah lagi ketika kamu harus memikirkan solusi dari masalah seorang diri. Secara tidak langsung, hal ini akan membentuk cara kamu berpikir untuk menyelesaikan masalah dan tetap fokus di tengah banyaknya gangguan rumah. Jangan lupa untuk mengondisikan ruangan senyaman mungkin agar fokusmu tetap terjaga. (Winona)