Tak ada yang bisa sukses sendirian, terutama di dunia kerja. Kolaborasi apik antar tim adalah kunci performa karier yang gemilang! Yuk, simak #TipsKarier hari ini dan temukan rahasia membangun kerja sama tim yang efektif dan harmonis!
Walau Sobat Karier bekerja menuju tujuan perusahaan yang sama, setiap tim pasti memiliki budaya kerja dan perspektif yang berbeda. Perbedaan ini membuat kita perlu menentukan langkah efisien dan efektif untuk menyatukan pikiran, demi mendorong produktivitas perusahaan ke level berikutnya!
“Collaboration also sparks innovation.” – Brett Hansen, Former Forbes Councils Member
Buat Tujuan yang Terukur dan Komunikasikan dengan Jelas
Komunikasi yang jelas mengenai peran, tanggung jawab, dan tujuan dapat memastikan semua orang bekerja menuju ekspektasi yang sama, terutama dalam kolaborasi antar tim. Dengan menyampaikan tujuan secara terperinci, setiap tim memahami peran mereka dalam gambaran besar.
Penetapan tujuan yang terukur juga memungkinkan team leader memantau kemajuan dan mengevaluasi keberhasilan kolaborasi, sekaligus mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Komunikasi rutin dengan karyawan penting untuk memastikan proyek tetap berjalan sesuai rencana dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul dengan sigap.
Berikan Apresiasi
Penting untuk memastikan bahwa karyawan merasa dihargai atas upaya kolaboratif mereka, karena hal ini mendorong mereka untuk terus bekerja sama dengan bangga. Ketika karyawan melihat rekan mereka mendapatkan pengakuan atas kontribusinya, budaya kerja sama yang dihargai dalam organisasi akan semakin terbentuk.
Namun, perlu juga menjadi perhatian bahwa jangan sampai penghargaan hanya diberikan kepada segelintir orang atau kriteria pengakuannya tidak jelas karena hal tersebut dapat menciptakan rasa iri yang akhirnya berakibat demotivasi.
Implementasikan Teknologi yang Mendukung Kolaborasi
Platform seperti Slack, Notion, Trello, Discord, Google Calendar, dan semacamnya dapat membantu tim berkomunikasi, berbagi file, dan berkolaborasi lebih efektif.
Teknologi kolaboratif memungkinkan tim untuk berkomunikasi dengan cepat dan mudah, serta mempercepat pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Dengan memusatkan manajemen proyek dan penugasan tugas, platform ini membantu memastikan semua orang berada pada pemahaman yang sama dan bekerja menuju tujuan yang sama, terutama ketika berbagai tim bekerja bersama dalam suatu proyek.
Lakukan Aktivitas yang Mempererat Kebersamaan
Aktivitas seperti acara sosial atau company outing dapat mempererat hubungan antar karyawan dan meningkatkan kerja sama tim. Pertemuan rutin antar tim juga berguna untuk mengidentifikasi serta mengatasi masalah komunikasi atau alur kerja dengan cepat. Setiap perusahaan memiliki pendekatan yang berbeda dalam menyelenggarakan kegiatan ini, disesuaikan dengan kebutuhan dan budaya kerja yang ada.
Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis dan produktif. Kolaborasi yang efektif tidak hanya mempercepat pencapaian tujuan perusahaan, tetapi juga membentuk budaya kerja yang positif dan penuh semangat. Mari terus tingkatkan kerja sama antar tim dan wujudkan keberhasilan bersama!
[Penulis: Alif, Editor: Kamila]
Referensi:
Hansen, B. (2023, June 15). Five Ways To Foster Effective Interdepartmental Collaboration. Forbes. Diakses 6 Januari 2025, dari https://www.forbes.com/councils/forbescommunicationscouncil/2023/06/15/five-ways-to-foster-effective-interdepartmental-collaboration/
Ermadi, A.A. (2019, February 3). 5 Tips Membuat Tim yang Solid. Diakses 6 Januari 2024 dari ://www.digination.id/read/013704/5-tips-membuat-tim-yang-solid?page=all