Tidak dapat dipungkiri rasa nyaman berada di tempat kerja saat sudah mulai kembali WFO (Work from Office) seperti sekarang, menjadi hal yang sangat penting. Beberapa waktu menjalani WFH (Work from Home), kita sudah terbiasa dengan suasana nyaman di rumah. Jika di tempat kerja kita tidak mendapat suasana nyaman tentu akan memengaruhi kualitas kerja.
Rasa nyaman di kantor salah satunya dapat terbentuk dengan adanya rasa kekeluargaan antarpegawai maupun dengan pimpinan. Rasa kekeluargaan yang dimaksud adalah hubungan yang terbentuk secara cair dan dekat seperti saudara, sehingga memunculkan rasa saling memiliki.
Bagaimana caranya? Yuk simak Tips Karier berikut ini.
- Membangun Kepercayaan
Kita harus mengenal rekan kerja tidak hanya dari latar belakangnya, kita juga harus mengenal dari kemampuannya secara individu. Sesama rekan kerja, hindari untuk memberikan interupsi saat rekan sedang mengerjakan pekerjaannya. Berikan masukan sebagai evaluasi saat sudah selesai untuk diperbaiki. - Membuka Ruang Diskusi
Terkadang kita masih ragu untuk memberi masukan ke tempat kerja karena tidak adanya ruang atau kesempatan yang diberikan. Saat pemimpin bersama-sama mau mendengarkan dan memberi kesempatan semua orang untuk berpendapat, akan tercipta suasana hangat dan menghilangkan rasa canggung. Adanya rasa kedekatan ini membuat penyampaian kritik dan saran untuk tempat atau sistem kerja akan lebih jujur. - Melakukan Kegiatan di Luar Pekerjaan
Kedekatan secara individu pun dapat memengaruhi kedekatan secara profesional. Libatkan diri untuk selalu mengikuti kegiatan di luar kantor bersama rekan kerja, seperti makan bersama, olahraga bersama, menghadiri acara ulang tahun rekan, saling menengok jika sakit dan sebagainya. - Apresiasi
Hal ini penting dilakukan untuk dapat menciptakan rasa percaya diri pada rekan kerja. Sikap apresiatif dapat menimbulkan rasa saling menghargai secara individu maupun tim. Selain itu, dengan memberikan apresiasi satu sama lain akan menambah produktifitas dan semangat kerja. (Nurul)